Selasa, 16 Juni 2015

Pengertian Pusat Informasi dan Konseling



Apa itu PUSAT INFORMASI dan KONSELING?
Adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik. Untuk menampung kebutuhan program PKBR dan menarik minat remaja datang ke PIK Remaja, nama generik ini dapat dikembangkan dengan nama-nama yang sesuai  dengan kebutuhan program dan selera remaja setempat.
·      
    Apa itu PIK ‘GERHANA” SMK Negeri 36 Jakarta ?

PIK Gerhana SMK Negeri 36 Jakarta adalah Pusat Informasi dan Konseling yang ada di SMK Negeri 36 Jakarta, Gerhana adalah Gerakan Himbauan Taruna. PIK SMK Negeri 36 Jakarta merupakan Organisasi yang berada dibawah naungan guru BK yang bertujuan untuk menjadi jembatan antar beberapa murid yang masih segan dengan guru BK dan PIK juga sebagai pusat informasi seputar masalah yang sering dihadapi oleh remaja.

Makna “Pusat Informasi dan Konseling”
       Pusat informasi berarti kami para anggota PIK adalah sumber Informasi, Informasi tentang Masalah  yang sering dijumpai oleh remaja dan juga PIK secara tidak langsung telah resmi menjadi anggota BKKBN. PIK Juga sebagai pusat informasi tentang kespro, napza, PUP dan yang lainnya yang bersangkutan dengan Remaja. 
       Konseling  adalah pemberian bimbingan oleh yang ahli kepada seseorang dng menggunakan metode psikologis atau pengarahan. berarti PIK bisa memberikan bimbingan kepada para remaja. Mungkin konseling tentang masalah pribadi atau masalah umum. Mungkin sebagian orang masih segan untuk bercerita dengan guru BK Jadi Kami PIK SMK  Negeri 36 Jakarta dapat berperan sebagai konselor sebaya.

Apa tujuan PIK?
       memberikan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR),
       pelayanan Konseling dan Rujukan KRR,
       mengembangkan kegiatan yang khas sesuai minat dan kebutuhan remaja,
       menciptakan remaja yang berprilaku sehat dan terhindar dari resiko seks bebas, HIV/AIDS, NAPZA mencapai generasi yang berkualitas.

Manfaat PIK-Remaja
                Menciptakan konselor remaja, konselor sebaya sehingga mampu memberikan konseling terhadap remaja maupun mahasiswa yang bermasalah sehingga informasi yang didapatkan oleh mereka merupakan informasi yang tepat  

1 komentar:

  1. How to win on casino games | Dr. MD
    A classic strategy 군산 출장마사지 game has been discovered 안양 출장안마 by Jack of all ages, Jack 포항 출장마사지 of all games. This game is known for having 보령 출장샵 the most basic and 익산 출장샵 most

    BalasHapus